Rabu, 21 Februari 2018

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 2

PP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Sub Tema 1 Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan     : …………………….
Kelas/ Semester          : IV/1 (satu)
Tema/Subtema/PB      : 1.Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                   : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran              : 2
Muatan Pelajaran        : Matematika, SBDP dan PKn
Alokasi Waktu            : 5 X 35 menit

Kompetensi Inti (KI)

1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.      Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1
Matematika
3.8 Menganalisis sifat-sifat
segibanyak beraturan dan
segibanyak tidak beraturan.
3.8.1 siswa mampu menyebutkan contoh-contoh segi banyak di sekitar dengan benar
4.8 Mengidentifikasi
segibanyak beraturan dan
segibanyak tidak beraturan
4.8.1 menuliskan konsep segi banyak dalam bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan definisi) dengan benr
2
SBDP
3.3 Memahami dasar-dasar
gerak tari daerah
3.3.1 mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa dengan posisi tubuh berdiri dengan benar
4.3 Meragakan dasar-dasar
gerak tari daerah
4.3.1 mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi tubuh berdiri) diiringi hitungan dariguru dengan benar
3
PKN
3.4 Mengidentifikasi berbagai
bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
3.6. menjelaskan makna
pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman
4.4 Menyajikan berbagai
bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
4.6. mempresentasi keberagaman
Indonesia.

B.       Tujuan Pembelajaran
1.        Setelah mengamati berbagai bentuk bangun datar, siswa mampu
menyebutkan contoh-contoh segi banyak di sekitar dengan benar.
2.        Setelah bereksplorasi, siswa mampu menuliskan konsep segi banyak dalam
bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan definisi) dengan
benar.
3.        Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi dasar-dasar gerakan
tari Bungong Jeumpa dengan posisi tubuh berdiri dengan benar.
4.        Setelah melihat contoh, siswa membuat mempraktikkan dasar-dasar
gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi tubuh berdiri) diiringi hitungan dari
guru dengan benar.
5.        Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasi keberagaman
Indonesia.
6.        Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna
pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

C.      MateriPembelajaran
1.    Matematika
a.    Materi Pokok
                 Segi banyak dan Bukan Segi Banyak  pada Gambar Cerita “Pawai Budaya”,Wacana Sarang Lebah.
b.    Deskripsi Materi
Segi Banyak dan Bukan Segi Banyak  pada Gambar Cerita “Pawai Budaya”,
2.    SBDP
a.    Materi Pokok
                 Gerak Dasar Tari Bungong Jempa
b.    Deskripsi Materi
Gerak Dasa  r Tari Bungong Jempa
3.    PKn
a.    Materi Pokok
                 Berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,social dan budaya di Indonesia dan Teks Cerita  tentang makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
b.    Deskripsi Materi
Berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,social dan budaya di Indonesia
D.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Pembelajaran          : Pendekatan Proses
2.      Metode Pembelajaran                : Tanya jawab, diskusi, demonstrasi
E.       Langkah- Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu

Pendahuluan

·      Siswa berdo’a dipimpin oleh ketua kelas
·      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·      Guru Mengingatkan kembali tentang cerita pawai budaya
·      Guru bertanya kepada siswa:
Apakah  bahasa yang kalian gunakan seharari-hari?
·      Guru memotivasi siswa untuk meningkatkan kepedulian mereka terhadap  budaya daerah setempat
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
·      Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya kebersamaan”.
·      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran


15menit

Inti
·      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Satu kelompok terdiri dari lima siswa.
·      Siswa mengamati gambar pawai budaya
yang ada di buku siswa.
·      Dalam kelompoknya, siswa diminta mengidentifikasi bangun datar yang ada pada gambar. (Siswa menuliskan nama dan bangun bangun yang ditemukan. Jika ada bangun yang sulit diberi nama, siswa tidak perlu menuliskan namanya).
·      Siswa menuliskan jawabannya di kertas plano atau kalender bekas.
·      Setiap kelompok menukarkan jawabannya dengan kelompok lain.
·      Guru meminta satu kelompok untuk menyampaikan jawabannya, sementara kelompok lain memberikan tanda jika jawabannya benar.
·      Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain jika ada jawaban yang berbeda.
·      Guru meminta siswa mengelompokkan bangun datar yang ditemukan.
·      Guru berkeliling melihat hasil pekerjaan siswa. Guru menanyakan kepada tiap kelompok alasan pengelompokannya.
·      Guru menulis di papan tulis segi banyak dan bukan segi banyak.
·      Guru menanyakan kepada siswa, apa yang mereka ketahui tentang segi banyak. Siswa menjawab secara bergantian.
·      Secara klasikal siswa dan guru menyimpulkan tentang segi banyak.
·      Siswa secara individu mengelompokkan bangun-bangun tersebut ke dalam tabel yang sudah disiapkan di buku siswa (segi banyak dan bukan segi banyak).
·      Siswa secara berpasangan akan menukarkan jawaban dengan temannya.
·      Siswa menjelaskan kepada pasangannya alasan bangun tersebut dinamakan segi banyak atau bukan segi banyak. Guru berkeliling untuk melihat dan menanyakan jawaban siswa
·       Secara individu, siswa diminta menemukan contoh-contoh segi banyak dan bukan segi banyak yang ada di kelas.
·      Siswa menuliskan jawabannya pada tabel
yang sudah disiapkan.
·      Setelah semua siswa selesai menemukan contoh-contoh, guru akan melakukan diskusi klasikal untuk menemukan manfaat dari segi banyak.
·      Guru bisa membawa berbagai gambar yang menunjukkan manfaat dari segi banyak. Misalkan sarang lebah. Siswa secara bergantian akan menjelaskan manfaat dari segi banyak dalam kehidupan sehari-hari. Guru memberikan penguatan kepada siswa untuk bersyukur atas segala hal yang sudah Tuhan ciptakan untuk manusia. (siswa bisa membaca cerita tentang lebah)
·      Siswa mengerjakan diagram frayer tentang segi banyak. Siswa menuliskan contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan definisi dari segi banyak.
·       Pokok bahasan segi banyak kali ini adalah latihan awal siswa membuat diagram frayer. Guru membimbing siswa dengan memberikan instruksi
satu persatu. Mulai dari mengisi bagian contoh setelah
selesai bukan contoh dan seterusnya. Guru mencontohkan menuliskan ciri-ciri dari sebuah konsep dengan terperinci. Setelah menulis contoh, bukan contoh, ciri-ciri dan definisi, guru mencontohkan cara menulis definisi dengan kalimat yang dibuat sendiri. Diharapkan dengan hal ini siswa akan semakin paham akan konsep yang dipelajari. Pada pertemuan selanjutnya siswa sudah mandiri membuat diagram ini.
·      Di akhir pembelajaran siswa membuat tangram. Tangram ini akan digunakan untuk membuat kolase. Guru akan membimbing siswa membuat tangram.
·      Siswa diminta mengamati video atau tarian langsung. Siswa mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian. Siswa juga bisa mengamati dasar-dasar gerakan yang ada di buku siswa.
·      Guru mempraktikkan satu persatu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi tubuh setiap dasar gerakan.
·      Siswa mempraktikkan bersama-sama setiap dasar-dasar gerakan. Guru memberi aba-aba dengan hitungan sampai 8. Guru mengamati siswa dan
membetulkan jika ada gerakan yang kurang tepat.
·      Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari delapan siswa.
·      Dalam kelompoknya, siswa mempraktikkan dasar-dasar gerakan A sampai D dengan aba-aba dari guru.
·      Siswa mempraktikkan setiap dasar-dasar gerakan di depan kelompoknya. Siswa lain menilai dan memberikan komentar.
·      Siswa duduk secara berkelompok.
·      Siswa membaca dan mengamati gambar yang ada di buku siswa.
·      Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi keberagaman yang ada. Hal-hal yang diidentifikasi ada pada tabel yang disiapkan di buku siswa.
·      Siswa bisa mencari informasi dari berbagai sumber untuk melengkapi informasinya.
·      Setiap kelompok akan menukar hasil pekerjaannya dengan kelompok lain.
·      Guru menambahkan dan menguatkan jika ada hal-hal yang belum jelas.
·      Guru menguatkan bahwa masyarakat Indonesia sangat beragam suku bangsa, budaya, dan sosial.
·      Guru menanyakan kepada siswa, apakah mereka hidup berdampingan dengan baik?
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab.
·      Siswa membaca teks “Sigap Membantu Sesama”.
·      Secara individu siswa membaca teks yang ada di buku siswa dengan membaca dalam hati.
·      Bersama dengan kelompoknya, siswa menjawab yang ada di buku siswa.Siswa menulis jawabannya di kertas plano atau kalender bekas.
·      Siswa menempel jawabannya pada dinding kelas.
·      Satu siswa dalam kelompok akan berdiri di depan hasil kerjaannya untuk dipresentasikan kepada siswa lain yang mengunjungi. Sementara, siswa yang lain akan berkunjung ke pekerjaan kelompok lain dengan abaaba tepuk tangan. Guru memastikan bahwa semua siswa tenang dan berdiskusi berjalan dengan baik. Siswa yang mengunjungi hasil pekerjaansiswa lain bisa memberikan pertanyaan ataupun saran.
·      Ketika diskusi sudah selesai, setiap siswa akan duduk di tempat masingmasing untuk mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya.
·      Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari setiap pertanyaan satu persatu.
·      Guru menyimpulkan bahwa setiap orang itu berbeda. Baik dari suku bangsa, sosial dan budaya. Pengikat dari keberagaman adalah persatuan dan kesatuan. Dengan sikap persatuan dan kesatuan, setiap orang bisa bekerjasama dengan baik dengan orang-orang yang berbeda
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat. Guru memotivasi siswa untuk menguatkan nilainilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
·      .Guru menanyakan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
·      Siswa menjawab secara bergantian

 145 Menit

Penutup

·      Di akhir pembelajaran, guru bertanya kepada siswa dengan bertanya jawab
·      Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapatdalam buku siswa
·      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·      Melakukan penilaian hasil belajar
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)


15 menit



























































































































































































F.       Teknik Penilaian
1.      Sikap                  : Observasi
2.      Pengetahuan       : Tes
3.      Keterampilan      : Kinerja
G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                     :     • Tangram
• Video tari Bungong Jeumpa
2.    Alat                        :    Infokus
3.    Sumber Belajar      :    Buku Tema 1 kelas IV






Tidak ada komentar:

Posting Komentar