Kamis, 22 Februari 2018

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 8 Sub Tema 1 Pembelajaran 1


RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sub Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) KURIKULUM 2013


Nama Sekolah             :      ……………………..                                                    
Kelas / Semester          :      IV / 2
Tema 8                         :      Daerah Tempat Tinggalku
Subtema 1                    :      Lingkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran              :      1
Muatan Pelajaran       :      B.Indonesia,IPA
Alokasi Waktu            :      4 X 35 menit

Kompetensi Inti
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.           Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1
B.Indonesia
3.9 Mencermati tokoh-tokoh
yang terdapat pada teks fiksi.
menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dengan tepat.
4.9 Menyampaikan hasil
identifikasi tokoh-tokoh
yang terdapat pada teks fiksi
secara lisan, tulis, dan visual
Bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri
3
IPA
3.4 Menghubungkan gaya
dengan gerak pada peristiwa
di lingkungan sekitar.
mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.
4.4 Menyajikan hasil percobaan
tentang hubungan antara
gaya dan gerak.
mempraktikkan gaya dorongan dan tarikan.

B.            Tujuan Pembelajaran
  1.  Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dengan tepat.
  2. Dengan kegiatan berlatih menceritakan kembali teks cerita fiksi, siswa dapat bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.
  3. Dengan kegiatan mencari tahu pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan secara lisan pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi.
  4. Dengan kegiatan mengamati gambar anak menarik dan mendorong ayunan, siswa dapat mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.
  5. Dengan berdiskusi tentang perbedaan gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan perbedaan gaya dan gerak.
  6. Dengan mendorong dan menarik meja, siswa dapat mempraktikkan gaya dorongan dan tarikan.
  7. Dengan kegiatan menulis hasil percobaan mendorong dan menarik meja, siswa dapat menyajikan hasil percobaan tentang gaya dan gerak secara tertulis.
C.           Materi Pembelajaran
1.        Non fiksi
2.        Sifat-sifat cahaya
3.        Peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya

D.           Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.             Pendekatan Pembelajran: Pendekatan Saintifik
2.             Metode Pembelajarn: Tanya Jawab,Diskusi,Percobaan, observasi

E.            Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pendahuluan



§ Siswa menjawab salam dari guru.
§ Siswa berdoa sebelum dan sesudah belajar dipimpin oleh ketua kelas.
§ Guru mengecek kehadiran siswa
§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
§ Guru memotivasi siswa
20 menit
Kegiatan Inti

·      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mengajukan pertanyaan:
a. Apa kamu senang membaca cerita?
b. Apa cerita yang pernah kamu baca?
c. Apa cerita yang terkenal di
·      lingkungan tempat tinggalmu?
·      Siswa menyampaikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru.
·      Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan tulisan dalam balon kalimat dengan suara nyaring.
·      Guru membacakan narasi pada buku siswa.
·      Pada kegiatan AYO MEMBACA: Secara mandiri siswa diminta untuk membaca cerita Asal Mula Telaga Warna di dalam hati.
·      Guru memberi batasan waktu 5-10 menit kepada siswa untuk membaca dan memahami isi cerita.
·      Selanjutnya, secara mandiri siswa diminta untuk menjawab pertanyaanpertanyaan yang terdapat pada buku siswa
·      Guru mengajak siswa membahas jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
·      Guru meminta siswa menyampaikan jawabannya.
·      Guru memberi kesempatan kepada siswa lain jika ada jawaban berbeda.
·      Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.
·      Pada kegiatan AYO BERLATIH: Setelah siswa membaca, memahami, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan cerita, siswa diminta menceritakan kembali cerita Asal Mula Telaga Warna dengan bahasanya sendiri.
·      Siswa diminta bercerita di depan teman-temannya dengan suara nyaring, artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan percaya diri.
·      Pada kegiatan AYO BERDISKUSI: Guru menjelaskan bahwa cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan salah satu contoh teks fiksi berupa cerita. Teks cerita fiksi adalah teks berupa cerita yang sengaja dikarang oleh pengarang. Cerita tersebut dapat merupakan hasil imajinasi pengarang ataupun yang pernah terjadi di dunia nyata lalu diolah oleh pengarang sehingga menghasilkan cerita rekaan.
·      Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang cerita fiksi dan ciri-cirinya.
·      Kegiatan ini dapat dilakukan, baik secara individu, berpasangan, maupun kelompok.
·      Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya bertanya kepada orang yang dianggap tahu, membaca dari buku-buku di perpustakaan sekolah, atau mengakses informasi dari internet.
·      Selanjutnya, siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pencariannya di depan teman atau kelompok lain.
·      Guru memberikan kesempatan kepada teman atau kelompok lain untuk bertanya.
·      Siswa menjawab pertanyaan teman atau kelompok lain sesuai pengetahuan dan pemahamannya.
·      Pada kegiatan AYO MENGAMATI: Siswa membaca narasi pada buku siswa. Kemudian, Guru menjelaskan bahwa banyak sarana umum di lingkungan tempat tinggal, misalnya taman bermain untuk anak-anak.
·      Siswa diminta mengamati gambar.
·      Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa, ”Apa yang dilakukan Udin pada gambar di sebelah kiri?” dan ”Apa yang dilakukan Udin pada gambar di sebelah kanan?”
·      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Guru sesuai hasil pengamatannya.
·      Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa, meskipun jika terdapat jawaban nyeleneh.
·      Guru menjelaskan kepada siswa bahwa Udin melakukan tarikan dan dorongan terhadap ayunan. Tarikan dan dorongan yang diberikan Udin disebut gaya.Karena ayunan diberi gaya oleh Udin, ayunan itupun bergerak.
·      Siswa diminta membaca pengertian gaya dan gerak pada buku siswa.
·      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab tentang pengertian gaya dan gerak jika belum paham.
·      Pada kegiatan AYO MENCOBA: Siswa telah memahami pengertian gaya dan gerak. Kemudian, siswa diminta untuk melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh gaya tarikan dan dorongan terhadap arah gerak benda.
·      Percobaan ini dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri atas tiga anak.
·      Siswa melakukan percobaan menggunakan alat berupa meja.
·      Siswa mengikuti langkah kegiatan pada buku siswa saat melakukan percobaan.
·      Pada kegiatan AYO MENULIS: Siswa telah melakukan percobaan tentang gaya dan gerak.
·      Selanjutnya, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan.
·      Kegiatan ini dilakukan bersama anggota kelompoknya.
·      Pada kegiatan AYO BERDISKUSI: Setelah siswa melakukan percobaan tentang gaya dan gerak, siswa berdiskusi bersama anggota kelompoknya tentang
·      perbedaan gaya dan gerak.
·      Siswa menuliskan hasil diskusinya.
·      Selanjutnya, siswa diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain.
·      Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya kepada kelompok yang tampil.
·      Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban semua kelompok.
90 menit
PENUTUP
§ Siswa dan guru membuat merangkum materi pembelajaran.
§ Siswa dan merefleksi kegiatan pembelajaran.
§ Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
§ Ketua Kelas memimpin doa akhir pembelajaran.
30 menit

F.            Alat dan Sumber Belajar

G.                    Penilaian
RUBRIK MENCARI TAHU TENTANG CERITA FIKSI
Penilaian Bahasa Indonesia
Aspek
 Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Isi dan Pengetahuan
Informasi yang termuat
dalam tulisan.
Tokoh-tokoh dalam
cerita fiksi
Pengertian cerita fiksi.
Ciri-ciri cerita fiksi.
Berisi informasi
tentang
tokoh-tokoh
pengertian, dan
ciri-ciri cerita
fiksi yang ditulis
secara lengkap ,
jelas, dan rinci.
Berisi informasi
tentang
tokoh-tokoh,
pengertian, dan
ciri-ciri cerita
fiksi yang ditulis
lengkap, jelas,
namun kurang
rinci.
Hanya berisi
informasi
tentang tokohtokoh
pengertian
cerita fiksi saja
atau ciri-ciri
cerita fiksi saja
yang ditulis
secara lengkap,
jelas, dan rinci.
Berisi informasi
tentang
tokoh-tokoh
pengertian, dan
ciri-ciri cerita
fiksi yang ditulis
tidak lengkap,
tidak jelas, dan
tidak rinci.
Penggunaan Bahasa
Indonesia yang baik
dan benar:
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
digunakan dalam

Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dengan
efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
penulisan. Sikap
Kegigihan
dalam mencari
informasi,
kecermatan,
dan ketepatan
waktu dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan,
disertai
juga dengan
kreatifitas
dalam bekerja
menunjukkan
kualitas sikap
yang sangat baik
dan terpuji.
Kegigihan
dalam mencari
informasi,
kecermatan,
dan ketepatan
waktu dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan
menunjukkan
kualitas sikap
yang sangat baik.
Kegigihan
dalam mencari
informasi,
kecermatan,
dan ketepatan
waktu dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan
menunjukkan
kualitas sikap
yang masih
dapat terus
ditingkatkan.


Kegigihan
dalam mencari
informasi,
kecermatan,
dan ketepatan
waktu dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan
menunjukkan
kualitas sikap
yang masih
harus terus
diperbaiki.
Keterampilan Penulisan:
Informasi ditulis
dengan benar,
sistematis dan jelas,
yang menunjukkan
keterampilan penulisan
yang baik
Keseluruhan
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Sebagian besar
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan.


Penilaian (penskoran)    :
Total Nilai Siswa
x 10
-----------------------------
Total Nilai Maksimal

 
Contoh    :
3 + 2 + 1

  6
x 10 = 5
------------
=
-----
12

12
 2.Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.
Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.

Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Topik cerita
Topik cerita
disampaikan
dengan benar
Topik cerita
disampaikan
mendekati benar
Topik cerita
disampaikan
tetapi kurang
benar
Topik cerita tidak
disampaikan
Alur cerita
Alur cerita
disampaikan
dengan lengkap
dan runtut.
Alur cerita
disampaikan
dengan lengkap
tetapi tidak
runtut.
Sebagian besar
alur cerita
disampaikan
dengan runtut.
Sebagian kecil
alur cerita
disampaikan dan
tidak runtut.
Ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang benar
Sebagian
besar tulisan
menggunakan
ejaan yang
benar
Sebagian
kecil tulisan
menggunakan
ejaan yang
benar
Tulisan tidak
menggunakan
ejaan yang
benar
Fakta pendukung
Fakta pendukung
yang
disampaikan
seluruhnya
sesuai dengan isi
cerita
Fakta
pendukung yang
disampaikan
sebagian besar
sesuai dengan isi
cerita
Fakta
pendukung yang
disampaikan
sebagian kecil
sesuai denga nisi
cerita
Fakta yang
disampaikan
tidak sesuai
cerita

Penilaian (penskoran)    :
Total Nilai Siswa
x 10
-----------------------------
Total Nilai Maksimal

Contoh    :
4 + 4 + 3 + 3

  14
x 10 = 8,75
------------
=
-----
16

16
3.IPS
Tugas dinilai dengan cek lis
Indikator penilaian
Ada
Tidak ada
Memuat minimal dua benda peninggalan sejarah


Menyebutkan minimal dua ajaran positif yang diwariskan raja-raja


Menyebutkan minimal dua nilai-nilai sikap kepahlawanan yang diwariskan para raja


Menyebutkan pengaruh dari peninggalan raja-raja terhadap masyarakat setempat



4.IPA
Laporan IPA dinilai dengan rubrik
Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.

Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis dan
strategi yang
digunakan
membuat
percobaan
berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis
tetapi masih
membutuhkan
bimbingan dalam
menemukan
strategi agar
percobaan
berhasi.
Sebagian besar
data dicatat,
langkah
kegiatan
dan strategi
dilakukan secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru.
Sebagian kecil
data dicatat,
langkah
kegiatan tidak
sistematis dan
strategi yang
dipilih tidak
tepat.
Kesimpulan
Seluruh
kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan memuat
data penunjang
dan tepat.
sebagian besar
kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan memuat
data penunjang
dan tepat.
Kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan memuat
data.
Kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan
memuat data
namun kurang
tepat.


Penilaian (penskoran)    :
Total Nilai Siswa
x 10
-----------------------------
Total Nilai Maksimal

Contoh    :
4 + 3 + 3 + 2

  12
x 10 = 7,5
------------
=
-----
16

16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar