Kamis, 22 Februari 2018

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 8 Sub Tema 1 Pembelajaran 2


RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sub Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) KURIKULUM 2013


Nama Sekolah             :      …………………..                                            
Kelas / Semester          :      IV / 2
Tema 8                         :      Daerah Tempat Tinggalku
Subtema 1                    :      Lingkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran              :      2
Muatan Pelajaran       :     IPA,B.INDONESIA,SBdP
Alokasi Waktu            :      6 X 35 menit

Kompetensi Inti
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.      Kompetensi Dasar

No
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1
MTK
3.10 Menjelaskan hubungan antar
garis (sejajar, berpotongan,
berhimpit) menggunakan
model konkret.

3.10.1 Menunjukkan garis dengan model kongkrit
4.10 Mengidentifikasi hubungan
antar garis (sejajar,
berpotongan, berhimpit)
menggunakan model konkret.

4.10.1 Menemukan garis dalam kehidupan sehari-hari
2
PPKN
3.1 Memahami makna hubungan
simbol dengan sila-sila
Pancasila.

3.1.10 Menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke empat Pancasila
4.1 Menjelaskan makna
hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila sebagai
satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari.

4.1.10 Memberikan contoh pengamalan dari sila pertama dalam kehidupan sehari-hari.
3
SBDP
3.2 Memahami tanda tempo dan
tinggi rendah nada

3.2.3 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar
4.2 Menampilkan tempo lambat,
sedang dan cepat melalui
lagu

4.2.3 Menyanyikan notasi lagu maju tak gentar sesuai dengan tinggi rendah nada


B.       Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila keempat Pancasila dengan benar.
2.     
 Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh pengamalan dari sila ke empat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.      Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu "Maju Tak Gentar" dengan benar.
4.      Setelah diberikan contoh, siswa mampu menyanyikan notasi lagu "Maju Tak Gentar" sesuai dengan tinggi rendah nada dengan benar.
5.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu menunjukkan contoh garis dengan model kongkrit dengan benar.
6.       Setelah bereksplorasi, siswa mampu menemukan garis dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
7.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu menemukan garis vertikal dan horizontal dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

 C.Materi Pembelajaran
1.        Simbol dan makna sila ke empat Pancasila
2.        Tinggi rendah nada
3.        Garis, segmen garis dan sinar garis

D.Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.        Pendekatan Pembelajran: Pendekatan Saintifik
2.        Metode Pembelajarn: Tanya Jawab,Diskusi,Percobaan

E.Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pendahuluan



§ Siswa menjawab salam dari guru.
§ Siswa berdoa sebelum dan sesudah belajar dipimpin oleh ketua kelas.
§ Guru mengecek kehadiran siswa
§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
§ Guru membawa gambar seorang arsitek.Guru bertanya kepada siswa.Tahukah kalian apa yang dikerjakan oleh
seoran arsitek?Apa saja yang harus mereke kuasai?
20 menit
Kegiatan Inti

·      Di awal pembelajaran, guru mengingatkan kembali tentang Raja purnawarman.Guru bertanya kepada siswa:Apa saja yang dilakukan oleh RajaPurnawarman untuk rakyatnya? Siswa menjawab secara bergantian.
·      Siswa menuliskan apa saja hal yang telah dilakukan oleh Raja Purnawarman.Siswa menyimpulkan apakah Raja Purnawarman bisa disebut sebagai pahlawan? Apakah Raja Purnawarman mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama? Menurutmu, apakah Raja Purnawarman bijak dalam menyelesaikan masalah?
·       Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, setujukah
kamu, apabila Raja Purnawarman dikatakan sebagai pahlawan?Jelaskan jawabanmu!
·      Siswa menuliskan jawaban di lembar kerja yang ada di buku siswa.
·      Siswa mendiskusikan pertanyaan tadi secara berkelompok. Siswa mencari sendiri kelompoknya sebanyak lima siswa dalam satu kelompok. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan pekerjaan masing-masing. Guru menunjuk beberapa kelompok untuk mempresentasikan jawaban. Saat
salah satu kelompok berpresentasi, kelompok lain diminta mendengarkan dan memberikan masukan.
·      Guru memberikan penguatan.
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya.
·      Siswa akan kembali lagi berdiskusi dengan kelompoknya. Kali ini siswa akan belajar sila keempat Pancasila. Tetap dalam kelompok yang sama siswa mengamati simbol sila keempat, mencari informasi, dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut.
·      Siswa menuliskan hasil diskusinya di kalender bekas. Ketika sudah selesai, siswa diminta untuk memasang pekerjaanya di jendela kelas. Guru mengingatkan untuk memberikan nama kelompok pada setiap pekerjaan.Siswa akan saling melihat pekerjaan temannya. Siswa bisa memberikan masukan atas hasil pekerjaan temannya dan menuliskannya. Setelah selesai, semua kelompok mengambil kembali pekerjaannya. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan masukkan-masukkan tersebut.
·      Guru memberikan penguatan. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya.
·      Sekarang, siswa dalam kelompok kembali akan menganalisis masalah. Siswa akan menganalisis tiga masalah. Guru menyiapkan nomor (1 sampai 3) yang ditulis di potongan kertas. Guru meminta perwakilan kelompok untuk mengambil kertas tersebut. Nomor tersebut menandakan cerita yang akan dianalisis dalam kelompok.
·      Siswa dalam kelompok mencermati cerita yang ada, mereka menjawab pertanyaan berdasarkan cerita. Setelah selesai, kelompok yang mempunyai nomor sama akan mendiskusikan jawabannya. Mereka akan menyepakati jawabaan dari pertanyaan-pertanyaan yang ada.Selanjutnya, satu orang dari cerita 1, 2 dan 3 akan melakukan presentasi ke depan kelas. Siswa dari lain bisa memberikan masukan dan pendapatnya.
·      Guru memberikan penguatan untuk setiap presentasi yang disampaikan.
·      Di akhir pembelajaran, guru meminta siswa untuk menuliskan tiga contoh tindakan dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan makna sila keempat Pancasila. Siswa menulisnya di lembar kerja di buku siswa.
·      Guru menyampaikan bahwa Raja Purnawarman sangat gigih dan berani melawan perampok. Beliau membela kepentingan rakyatnya. Beliau berjuang melawan musuhnya dengan semangat perjuangan. Semangat perjuangan inilah yang harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari.
·      Siswa mengamati notasi angka lagu“"Maju Tak Gentar"". Guru menyanyikan notasi lagu tersubut dan siswa mendengarkan.
·      Siswa mengidentifikasi tinggi rendah nada berdasarkan notasi yang ada.
·      Guru menjelaskan kembali konsep tinggi rendah nada.
·      Guru mempraktikkan urutan nada dan siswa menirukan bersama-sama.
·      Siswa menandai bagian-bagian yang merupakan nada tinggi dan nada rendah.
·      Guru dan siswa menyanyikan notasi bersama-sama dengan ketukan dari guru.
·      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tentukan pemimpin untuk kelompok. Dalam kelompoknya siswa menyanyikan notasi lagu sesuai dengan tinggi rendah. Pemimpin yang dipilih akan memberikan aba-aba dengan ketukan.
·       Setiap kelompok maju ke depan untuk menyanyikan notasi dengan ketukan dari guru. Kelompok lain memberikan komentar.
·      Siswa yang masih kesulitan bisa berlatih lagi di rumah. Guru bisa meminta bantuan siswa lain untuk mendampingi.
Secara berkelompok siswa akan mendiskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut.
·      Guru membahas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini satu persatu.Guru menyampaikan bahwa nilai-nilai baik dalam lagu ini adalah semangat perjuangan. Saat menyanyikan lagu ini harus dengan semangat.
·       Guru memberikan penguatan, guru juga bisa menyampaikan lagu lainnya (lagu daerah) yang menunjukkan semangat perjuangan.
·       Guru mengingatkan siswa tentang Raja Purnawarman berjuang melawan musuhnya dengan semangat perjuangan. Semangat perjuangannya perlu kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan ketika kamu belajar, kamu harus mempunyai semangat belajar supaya materi yang kamu pelajari bisa kamu pahami dengan baik. Apakah kamu sudah mempunyai semangat perjuangan saat
belajar? Apa yang kamu lakukan ketika kamu menemui kesulitan? Guru memotivasi siswa untuk terus bersamangat belajar.
·      Siswa akan belajar tentang garis.
·      Siswa mengamati gambar-gambar yang ada di buku siswa.
·      Pada gambar yang diamatinya, siswa diminta untuk menemukan garis.
·      Siswa memberikan tanda pada garis yang ditemuinya.
·      Guru menanyakan, apa itu garis? Bagaimana garis bisa terbentuk?Siswa diminta mengangkat tangan sebelum menjawab pertanyaan.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
·      Siswa akan melakukan percobaan untuk menemukan garis. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari empat siswa.Setiap kelompok memegang lampu senter. Guru bisa menginformasikan siswa untuk membawa pada pertemuan sebelumnya. Guru meminta siswa untuk benar-benar mencermati hasil dar setiap percobaannya.
·      Dalam kelompok, siswa menuliskan kesimpulan. Siswa akan mempresentasikan jawabannya di depan kelas.
·      Guru memberikan penguatan.Guru menggambar di depan kelas tentang perbedaan sinar garis, segmen garis, dan garis. Siswa juga bisa melihatnya di buku siswa.
·       Siswa diminta menemukan sebayang-banyaknya (minimal 10) garis di sekitar mereka. Siswa menulis hasil temuannya di buku siswa. Siswa mengelompokkan temuannya ke dalam segmen garis, sinar garis, atau garis.
·      Siswa akan menyampaikan temuannya kepada kelompoknya.
·      Setelah selesai, guru bertanya apa manfaat garis dalam kehidupan seharihari?Apa yang terjadi jika tidak ada garis?
·      Berdasarkan temuan siswa, guru menguatkan manfaat garis dalam kehidupan sehari-hari.
·      Sekarang siswa akan belajar tentang garis vertikal dan horizontal.
·      Awalnya siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa. Guru bisa membawa gambar lainnya yang ukurannya lebih besar.
·      Siswa menunjukkan dalam kelompoknya mana garis yang vertikal dan horizontal. Siswa menjelaskan alasannya.
·      Siswa membaca garis vertikal dam horizontal di buku siswa.
·      Berdasarkan 10 garis yang ditemukan tadi, siswa diminta
mengelompokkan ke dalam garis vertikal dan horizontal. Siswa mengisi di tabel buku siswa. Guru berkeliling untuk melihat pekerjaan siswa. Guru memastikan bahwa siswa benar dalam mengelompokkan garis-garis tersebut.
·      Guru bertanya, selain garis vertikal dan horizontal apakah ada garis lain? Siswa menjawab pertanyaan dengan terlebih mengangkat tangan.
·      Siswa diminta mengamati gambar. Siswa akan menemukan 10 garis berdasarkan gambar. Dari 10 garis yang ditemukan siswa akan: mengelompokkan ke garis vertikal dan horizontal. Mengelompokkan ke segmen garis, garis, dan sinar garis.
·      Siswa menggunakan kertas yang berbeda untuk menuliskan jawabannya.
·      Supaya mudah, siswa memberikan nomor pada garis yang ditemukan.
·      Siswa mengelompokkan tiap-tiap garis berdasarkan nomor.
·      Catatan: mungkin saja salah satu kriteria, misalnya sinar garis, tidak ada dalam gambar. Siswa dapat mengosongkan tabel dan menuliskan alasannya.
·      Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya kepada temannya. Beberapa siswa menyampaikan hasilnya di depan kelas.
160 menit
PENUTUP
§ Siswa dan guru membuat merangkum materi pembelajaran.
§ Siswa dan merefleksi kegiatan pembelajaran.
§ Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
§ Ketua Kelas memimpin doa akhir pembelajaran.
30    menit
G.     Alat dan Sumber Belajar
             Contoh gambar, buku gambar, kertas berpetak dengan panjang 1 cm, gunting.     

Penilaian
1.      PPKn : Memberikan contoh aplikasi sila keempat

Kriteria
ya
tidak
Contoh yang diberikan sesuai dengan makna sila pertama


Memberikan alasan dari contoh yang diberikan
dengan benar


Contoh yang diberikan berbeda dengan contoh yang
pernah dibahas



2. SBdP : Menyanyikan notasi lagu " "Maju Tak Gentar"" dengan
memperhatikan tinggi rendah nada.

Kriteria
ya
tidak
Melafalkan notasi dengan benar.


Menyanyikan notasi sesuai dengan tinggi nada.


Menyanyikan lagu sesuai dengan tempo ketukan.



2.      Matematika : Pengamatan tentang garis

Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Identifikasi
Menemukan 10
garis dengan
benar
Menemukan
minimal 7 garis
dengan benar
Menemukan
minimal 4 garis
dengan benar
Hanya mampu
menemukan
palinga banyak 3
garis
Mengelompokkan
(segmen garis,
sinar garis, gari)
Bisa
mengelompokkan
10 garis yang
ditemukkan ke
dalam segmen
garis, sinar garis
dan garis dengan
benar
Bisa
mengelompokkan
minimal 7 garis
yang ditemukkan
ke dalam segmen
garis, sinar garis
dan garis dengan
benar
Bisa mengelompokk
an minimal 4 garis
yang ditemukkan
ke dalam segmen
garis, sinar garis
dan garis dengan
benar
Hanya mampu
mengelompokkan
palinga banyak 3
garis
Mengelompokkan
(garis horizontal
dan vertikal)
Bisa
mengelompokkan
10 garis yang
ditemukkan ke
dalam garis
horizontal dan
vertikal dengan
benar
Bisa
mengelompokkan
minimal 7 garis
yang ditemukkan
ke dalam garis
horizontal dan
vertikal dengan
benar
Bisa
mengelompokk an
minimal 4 garis
yang ditemukkan
ke dalam garis
horizontal dan
vertikal dengan
benar
Hanya mampu
mengelompokkan
palinga banyak 3
garis
Komunikasi
Mengomunikasi
kan hasil
pekerjaan dengan
logis, sistematis
dan menggunakan
kalimat
matematika
dengan benar.
Mengomunikasikan
hasil pekerjaan
dengan logis, dan
menggunakan
kalimat matematika
dengan benar tetapi
kurang sistematis.
Mengomunikasikan
hasil pekerjaan
dengan logis tetapi
kurang sistematis
atau menggunakan
kalimat matematika
yang tidak tepat.
Masih
membutuhkan
bimbingan saat
mengomunikasi
kan hasil.

*Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
4. Diskusi
Diskusi saat membahas simbol sila keempat dan analisis cerita


Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Mendengarkan
teman yang
berbicara tetapi
sesekali masih
perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
tetapi tidak
mengindahkan
Komunikasi nonverbal
(kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi nonverbal
dengan
tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,tetapi
terkadang
merespon kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama
proses diskusi
berlangsung.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar