Kamis, 22 Februari 2018

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 8 Sub Tema 1 Pembelajaran 3

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sub Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) KURIKULUM 2013


Nama Sekolah             :      …………………….                                         
Kelas / Semester          :      IV / I (satu)
Tema 8                         :      Pahlawanku
Subtema 1                    :      Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran              :      3
Muatan Pelajaran       :      B.Indonesia,IPA
Alokasi Waktu            :      6 X 35 menit

Kompetensi Inti
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru dan tetangga.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.      Kompetensi Dasar

No
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1
B.INDONESIA
3.7 Menggali pengetahuan baru
yang terdapat pada teks
nonfiksi.

3.7.2 Menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks dengan menggunakan diagram
4.7 Menyampaikan pengetahuan
baru dari teks nonfiksi ke
dalam tulisan dengan bahasa
sendiri.

4.7.2 Menceritakan kembali isi teks menggunakan kalimat sendiri
2
IPA
3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya
dengan indera penglihatan.

3.7.2 Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.

4.7.2 Melaporkan hasil percobaan cakram warna yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya dalam bentuk tulisan.


B.            Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca teks tentang Raja Balaputradewa, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
  2. Setelah menjawab pertanyaan tentang teks Raja Balaputradewa, siswa mampu menceritakan teks dengan bahasa sendiri secara detail.
  3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya terkait dengan cakram warna.
  4. Setelah melakukan percobaan dengan cakram warna, siswa mampu mengomunikasikan hasilnya dengan detail.
C.           Materi Pembelajaran
1.      Cerita non fiksi
2.      Sifat-sifat cahaya

D.           Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.             Pendekatan Pembelajran: Pendekatan Saintifik
2.             Metode Pembelajarn: Tanya Jawab,Diskusi,Percobaan

E.            Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pendahuluan



§ Siswa menjawab salam dari guru.
§ Siswa berdoa sebelum dan sesudah belajar dipimpin oleh ketua kelas.
§ Guru mengecek kehadiran siswa
§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
20 menit
Kegiatan Inti
·      Siswa diajak membaca kembali teks Raja Balaputradewa dan menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·      Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, setujukah kamu, apabila Raja Balaputradewa dikatakan sebagai pahlawan? Jelaskan jawabanmu!
·      Berdasarkan jawaban yang disampaikan para siswa, dapat dikatakan mereka menceritakan isi teks dengan bahasanya sendiri. Guru sebelumnya menyampaikan rubrik yang akan dipakai untuk menilai.
·      Guru meminta salah satu siswa untuk menyampaikan jawabannya dan siswa lain diberi kesempatan untuk bertanya atau memberi tanggapan.
·      Siswa melanjutkan tugas dengan membaca teks singkat tentang cahaya.
·      Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan melakukan percobaan tentang cahaya. Perwakilan siswa diminta untuk maju ke depan dan mengambil perlengkapan yang sudah disiapkan untuk setiap kelompok.
·      Guru mengingatkan kesepakatan saat melakukan percobaan. Siswa diminta untuk membaca prosedur kegiatan yang terdapat pada buku siswa.
·      Setelah percobaan selesai, siswa kemudian menuliskan laporannya.
160 menit
PENUTUP
§ Siswa dan guru membuat merangkum materi pembelajaran.
§ Siswa dan merefleksi kegiatan pembelajaran.
§ Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
§ Ketua Kelas memimpin doa akhir pembelajaran.
30      menit

Download RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sub Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 4



F.       Alat dan Sumber Belajar
Perlengkapan untuk percobaan IPA, setiap kelompok membutuhkan
−− 1 pensil
−− Kertas putih berbentuk lingkaran
−− Pensil warna

G.                    Penilaian
          Bahasa Indonesia
         
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Topik cerita
Topik cerita
disampaikan
dengan benar
Topik cerita
disampaikan
mendekati benar
Topik cerita
disampaikan
namun kurang
benar

Topik cerita tidak
disampaikan
Alur cerita
Alur cerita
disampaikan
dengan lengkap
dan runtut.
Alur cerita
disampaikan
dengan lengkap
namun tidak
runtut.
Sebagian besar
alur cerita
disampaikan
dengan runtut.
Sebagian kecil
alur cerita
disampaikan dan
tidak runtut.
Ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang benar
Sebagian
besar tulisan
menggunakan
ejaan yang benar
Sebagian
kecil tulisan
menggunakan
ejaan yang benar
Tulisan tidak
menggunakan
ejaan yang benar
Fakta pendukung
Fakta
pendukung yang
disampaikan
seluruhnya
sesuai dengan isi
cerita
Fakta
pendukung yang
disampaikan
sebagian besar
sesuai dengan
isi cerita
Fakta
pendukung yang
disampaikan
sebagian kecil
sesuai dengan isi
cerita
Fakta yang
disampaikan
tidak sesuai
cerita
IPA
Laporan percobaan IPA dinilai dengan rubrik


Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
yang sedang
dipelajari .
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman
inti dari konsep
tidak jelas.
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari konsep
yang dipelajari.
Komunikasi
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
serta objektif
dengan didukung
data penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
namun hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang.
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan kurang
jelas dan
tanpa data
penunjang.
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis dan
strategi yang
digunakan
membuat
percobaan
berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis dan
namun masih
membutuhkan
bimbingan dalam
menemukan
strategi agar
percobaan
berhasil.
Sebagian
besar data
dicatat, langkah
kegiatan
dan strategi
dilakukan secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru.
Sebagian kecil
data dicatat,
langkah
kegiatan tidak
sistematis dan
strategi yang
dipilih tidak
tepat.
Kesimpulan
Seluruh
kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan memuat
data penunjang
dan tepat.
Sebagian besar
kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan memuat
data penunjang
dan tepat.
Kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan memuat
data.
Kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan
memuat data
namun kurang
tepat.


1 komentar:

  1. Playzee Casino | 200+ | Kadang Pintar
    Playzee is an online casino for Malaysian players that belongs kadangpintar to the casino 1xbet online site Kadang Pintar, owned by งานออนไลน์ Daapal-Buk-1.

    BalasHapus