Kamis, 22 Februari 2018

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 8 Sub Tema 1 Pembelajaran 4


RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sub Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) KURIKULUM 2013


Nama Sekolah             :      ………………………                                                  
Kelas / Semester          :      IV / I (satu)
Tema 8                         :      Daerah Tempat Tinggalku
Subtema 1                    :      Lingkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran              :      4
Muatan Pelajaran       :     B.Indonesia,PPKn,MTK
Alokasi Waktu            :      6 X 35 menit

Kompetensi Inti
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru dan tetangga.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.           Kompetensi Dasar

No
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1
B.INDONESIA
3.9 Mencermati tokoh-tokoh
yang terdapat pada teks fiksi.
Mengidentifikasi tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi.

4.9 Menyampaikan hasil
identifikasi tokoh-tokoh
yang terdapat pada teks fiksi
secara lisan, tulis, dan visual.
Siswa dapat menjelaskan tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita fiksi secara benar
2
PPKN
1.1 Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
Menjelaskan karakteristik individu anggota keluarganya
1.2 Mensyukuri keberagaman
umat beragama di
masyarakat sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa dalam
konteks Bhinneka Tunggal
Ika.
Menyajikan karakteristik individu anggota keluarganya
1.3 Mensyukuri berbagai
bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa.

2.1 Bersikap toleran dalam
keberagaman umat beragama
di masyarakat dalam konteks
Bhinneka Tunggal Ika.

2.2 Menampilkan sikap kerja
sama dalam berbagai
bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.

3.3 Menjelaskan manfaat
keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan
sehari-hari.
Menjelaskan karakteristik individu anggota keluarganya
4.3 Mengemukakan manfaat
keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan
sehari-hari.
Menyajikan karakteristik individu anggota keluarganya
3
IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan
ekonomi dan hubungannya
dengan berbagai bidang
pekerjaan serta kehidupan
sosial dan budaya di
lingkungan sekitar sampai
provinsi.
Menjelaskan jenis pekerjaan dan kegiatan masyarakat terkait dengan kegiatan ekonomi
4.3 Menyajikan hasil identifikasi
kegiatan ekonomi dan
hubungannya dengan
berbagai bidang pekerjaan
Mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait dengan kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya

           

B.       Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan kegiatan bermain peran sesuai cerita fiksi, siswa dapat menentukan sifat tokoh dalam cerita fiksi secara visual.
  2. Dengan kegiatan mengamati gambar ilustrasi cerita, siswa dapat mengetahui cerita rakyat berasal dari suatu daerah, serta mencermati tokoh-tokoh cerita.
  3. Dengan kegiatan menunjukkan pengertian tokoh-tokoh, siswa dapat memahami peranan tokoh-tokoh pada cerita fiksi.
  4. Dengan kegiatan mengamati lingkungan tempat tinggal, siswa dapat mengetahui corak kehidupan kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggal.
  5. Dengan kegiatan membaca teks keberagaman karakteristik individu, siswa dapat mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di dalam masyarakat.
  6. Dengan kegiatan menunjukkan sikap toleransi, siswa dapat mengetahui tindakan-tindakan yang mencerminkan sikap toleransi dalam keberagaman masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

C.           Materi Pembelajaran

D.           Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.             Pendekatan Pembelajran: Pendekatan Saintifik
2.             Metode Pembelajarn: Tanya Jawab,Diskusi,Percobaan

E.            Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pendahuluan



§ Siswa menjawab salam dari guru.
§ Siswa berdoa sebelum dan sesudah belajar dipimpin oleh ketua kelas.
§ Guru mengecek kehadiran siswa
§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
20 menit
Kegiatan Inti

·      Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide dan motivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan, ”Apa saja keberagaman yang terdapat di lingkungan tempat tinggalmu?”
·      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru sesuai hasil pengamatannya sehari-hari.
·      Pada kegiatan AYO, BERMAIN PERAN: Siswa mencari cerita fiksi yang di dalamnya terdapat minimal tiga tokoh. Selanjutnya, siswa diminta memperagakan tokoh-tokoh dalam cerita.
·      Guru meminta siswa membentuk kelompok terdiri atas tiga siswa
·      Guru memberi contoh bermain peran dengan menirukan peran tokoh di buku.
Guru berdialog seperti tokoh dalam cerita.
Siswa diminta memperhatikan saat guru memberikan contoh.
·      Siswa mencari cerita fiksi dari berbagai sumber yang di dalamnya terdapat minimal tiga tokoh.
·      Bersama kelompoknya, siswa menuliskan nama dan sifat tokoh yang ada pada cerita fiksi.
·      Siswa memperagakan tokoh-tokoh dalam cerita fiksi sesuai dengan sifatnya di depan kelompok lain.
·      Pada kegiatan AYO MENGAMATI: Siswa mengamati gambar ilustrasi cerita Cindelaras.
·      Kemudian, guru mengajukan pertanyaan seperti pada buku siswa, yaitu Apa kamu pernah mendengar atau membaca cerita tentang Cindelaras?
·      Selanjutnya, siswa diminta mencari informasi tentang cerita Cindelaras, baik melalui buku cerita atau memutar video cerita.
·      Siswa diminta menuliskan cerita tersebut.
·      Selanjutnya, secara mandiri siswa diminta menjawab pertanyaanpertanyaan yang terdapat pada buku siswa berdasarkan cerita Cindelaras.
·      Siswa diminta menuliskan jawabannya.
·      Guru meminta siswa membacakan cerita Cindelaras yang diperolehnya di depan guru dan teman-teman.
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain jika ada cerita Cindelaras dengan versi berbeda.
·      Guru mengajak siswa melakukan diskusi klasikal untuk membahas jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain jika ada jawaban berbeda.
·      Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.
·      Pada kegiatan AYO, MENUNJUKKAN: Siswa telah mengidentifikasi tokohtokoh yang terdapat pada cerita Cindelaras. Kemudian, guru mengajak
siswa mengingat kembali pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh tambahan.
·      Siswa diminta menuliskannya pada buku tugas.
·      Setelah selesai, siswa diminta mengumpulkan jawabannya kepada guru untuk dinilai.
·      Pada kegiatan AYO MENGAMATI: Guru membacakan narasi dan materi pada buku siswa. Guru menjelaskan bahwa mata pencaharian penduduk dapat dilihat dari corak kehidupan penduduk setempat, yaitu corak kehidupan tradisional (sederhana) dan corak kehidupan modern (kompleks).
·      Kemudian, siswa diminta mengamati kegiatan penduduk di lingkungan tempat tinggalnya, meliputi jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk dan corak kehidupan penduduk.
·      Selanjutnya, siswa diminta membuat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatannya.
·      Siswa menuliskannya dalam kotak pada buku siswa.
·      Setelah selesai, siswa diminta menyampaikan kesimpulan hasil pengamatan di depan guru dan teman-teman.
·      Pada kegiatan AYO, MEMBACA: Siswa diminta membaca teks bacaan berjudul Keberagaman Karakteristik Individu.
Alternatif kegiatan membaca:
1. Alternatif 1
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2. Alternatif 2
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Alternatif 3
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung olehseluruh siswa.
·      Pada kegiatan AYO, BERDISKUSI: Guru menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menjaga persatuan atas keberagaman karakteristik individu adalah dengan memupuk sikap toleransi.
·      Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan tindakan-tindakan yang mencerminkan sikap toleransi dalam keberagaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Siswa menuliskannya dalam kotak pada buku siswa.
·      Siswa diminta untuk mengumpulkan hasil tulisannya kepada guru untuk dinilai.
·      Guru mengonfirmasi jawaban siswa, lalu mengapresiasinya.
160 menit
PENUTUP
§ Siswa dan guru membuat merangkum materi pembelajaran.
§ Siswa dan merefleksi kegiatan pembelajaran.
§ Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
§ Ketua Kelas memimpin doa akhir pembelajaran.
30 menit

F.            Alat dan Sumber Belajar


G.                    Penilaian
          RUBRIK MENGAMATI (IPS)

Kriteria
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Sikap
Saat
menyampaikan
kesimpulan hasil
pengamatan
mengenai
kegiatan
ekonomi.
99 Percaya diri.
99 Santun dan
sopan.
99 Mampu
mengungkapkan
pendapatnya.
99 Mampu
menghargai
perbedaan hasil
pengamatan
Memenuhi 3 kriteria
dari 4 kriteria yang
ditetapkan.
Memenuhi 2 kriteria
dari 4 kriteria yang
ditetapkan.
Memenuhi 1 kriteria
dari 4 kriteria yang
ditetapkan.
Pengetahuan
Kegiatan ekonomi
dan berbagai
pekerjaan di
lingkungan
sekitar.
Mampu memenuhi
tiga kriteria berikut.
99 Menyebutkan
jenis pekerjaan
yang ditekuni
penduduk di
lingkungan
tempat tinggal
siswa.
99 Menggolongkan
mata
pencaharian
penduduk
berdasarkan
corak kehidupan
penduduk.
Menyajikan
kesimpulan
kegiatan
ekonomi sesuai
dengan corak
kehidupan
penduduk di
lingkungan
sekitar.
Mampu memenuhi
dua dari tiga kriteria
berikut.
99 Menyebutkan
jenis pekerjaan
yang ditekuni
penduduk di
lingkungan
tempat tinggal
siswa.
99 Menggolongkan
mata
pencaharian
penduduk
berdasarkan
corak
kehidupan
penduduk.
Menyajikan
kesimpulan
kegiatan
ekonomi sesuai
dengan corak
kehidupan
penduduk di
lingkungan
sekitar.
Mampu memenuhi
satu dari tiga kriteria
berikut.
99 Menyebutkan
jenis pekerjaan
yang ditekuni
penduduk di
lingkungan
tempat tinggal
siswa.
99 Menggolongkan
mata pencaharian
penduduk
berdasarkan
corak kehidupan
penduduk.
Menyajikan
kesimpulan
kegiatan ekonomi
sesuai dengan
corak kehidupan
penduduk di
lingkungan
sekitar.
Tidak mampu
memenuhi tiga
kriteria berikut.
99 Menyebutkan
jenis pekerjaan
yang ditekuni
penduduk di
lingkungan
tempat tinggal
siswa.
99 Menggolongkan
mata
pencaharian
penduduk
berdasarkan
corak kehidupan
penduduk.
Menyajikan
kesimpulan
kegiatan
ekonomi sesuai
dengan corak
kehidupan
penduduk di
lingkungan
sekitar.
Penggunaan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar :
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dalam penulisan
hasil mengamati
gambar dan
ligkungan di
sekitarnya.
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
digunakan dengan
efisien dan menarik
dalam keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien
dalam keseluruhan
penulisan
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
digunakan dengan
sangat efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
digunakan dengan
sangat efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.

  


1 komentar:

  1. Did you realize there is a 12 word sentence you can say to your man... that will induce deep emotions of love and instinctual appeal to you buried within his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, admire and care for you with his entire heart...

    12 Words That Fuel A Man's Desire Impulse

    This instinct is so built-in to a man's genetics that it will drive him to try harder than ever before to to be the best lover he can be.

    In fact, fueling this influential instinct is so important to achieving the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will instantly notice him open his soul and heart for you in such a way he's never expressed before and he'll distinguish you as the one and only woman in the universe who has ever truly understood him.

    BalasHapus