Rabu, 21 Februari 2018

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 1

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Sub Tema 1 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan     : .....................
Kelas/ Semester          : IV/1 (satu)
Tema/Subtema/PB      : 1.Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                   : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran              : 1
Muatan Pelajaran        : Bahasa Indonesia,IPS,IPA
Alokasi Waktu            : 5 X 35 menit

Kompetensi Inti (KI)


1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.      Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1
Bahasa Indonesia
3.1   Mencermati gagasan pokok
dan gagasan pendukung
yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual
3.1.1 mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap
paragraf dari teks tersebut dengan mandiri
4.1   Menata informasi
yang didapat dari
teks berdasarkan
keterhubungan
antargagasan ke dalam
kerangka tulisan
4.1.1 menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf
dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat
2
IPS
3.2   Mengidentifikasi
keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis,
dan agama di provinsi
setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia; serta
hubungannya dengan
karakteristik ruang.
3.2.1menyebutkan keragaman
budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas
bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.2 Menyajikan hasil
identifikasi mengenai
keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis,
dan agama di provinsi
setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia; serta
hubungannya dengan
karakteristik ruang
4.2.1mengomunikasikan keragaman budaya,
etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
secara lisan dan tulisan dengan sistematis
3
IPA
3.6 Menerapkan sifat-sifat
bunyi dan keterkaitannya
dengan indera
pendengaran
3.6.1menjelaskan cara menghasilkan bunyi
dari beragam benda di sekitar dengan lengkap
4.6 Menyajikan laporan hasil
percobaan tentang sifatsifat bunyi.
4.6.1menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di
sekitar dengan sistematis

B.       Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap
paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2.    Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu
menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf
dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.    Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman
budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas
bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.    Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya,
etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5.    Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi
dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6.    Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di
sekitar dengan sistematis.

C.      MateriPembelajaran
1.    Bahasa Indonesia
a.    Materi Pokok
Teks cerita yang berjudul Pawai Budaya dan Definisi Gagasan pokok  dan Gagasan Pendukung, Langka-Langkah menentukan Gagasan Pokok dalam Tiap Paragraf
b.    Deskripsi Materi
2.        IPS
a.        Materi Pokok
       Keberagaman Budaya,Etnis dan Agama Siswa di kelas
b.        Deskripsi Materi
       Keberagaman Budaya,Etnis dan Agama Siswa di kelas (digali melalui kegiatan wawancara)
3.    IPA
a.    Materi Pokok
       Berbagai alat musik dan benda di sekitar serta cara membunyikannya
D.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Pembelajaran          : Pendekatan Proses
2.      Metode Pembelajaran                : Tanya jawab, diskusi, demonstrasi

Download RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 2

E.       Langkah- Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu

Pendahuluan

·      Siswa berdo’a dipimpin oleh ketua kelas
·      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·      Guru bertanya kepada siswa:
Kesenian apa yang sering kalian lihat di dekat rumah mu?
·      Guru memotivasi siswa untuk meningkatkan kepedulian mereka terhadap  budaya daerah setempat
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
·      Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya kebersamaan”.
·      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran


15menit

Inti
·      Sebelum memulai pembelajaran, gurumenempelkan gambar seorang anak Baliyang memakai baju tradisional. Di belakanganak ada rumah tradisional Bali.
·      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumahtradisional dan makanannya.
·      Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajarbanyak tentang budaya Indonesia.
·      Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Gurumengajukan pertanyaan pembuka,
- siapa di antara kalian yang berasal dari
suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang,
dan seterusnya.
·      Siswa secara berpasangan diminta untuksaling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya.
·      Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya,namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan RepublikIndonesia (NKRI). Keragaman tersebut merupakan anugerah dari
Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.
·      Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari3-4 siswa dalam setiapkelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung1 sampai 4secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama.
·      Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkanberagam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaanyang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untukmengamati gambarkeragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati
·      Siswa kemudian diminta untuk menuliskan nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf.
·      Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari paragraf satu.
·      Setiap kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelompok yang lain. Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka
·      Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.
·      Siswa masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf kedua. Guru membimbing jalannya kerja kelompok, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap
anggota berpartisipasi aktif.
·      Setiap kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru dan siswa dari kelompok lain dapat saling memberikan
masukan untuk mendapatkan jawaban yang tepat
·      Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku dan menuliskannya pada diagram yang tersedia.
·      Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram dari guru
·      Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentangkeragaman suku dari teman teman di kelas
·      Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit 8 orang teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang daerah asal dan ciri khas dari daerah tersebut. Siswa menuliskan informasi pada tabel yang tersedia.
·      Motivasi siswa untuk menemukan beragam suku yang berbeda dari teman-teman di kelas
·      Usai kegiatan wawancara, siswa kembali ke tempat duduk masing-masing untuk mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya.
·      Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
- Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari suku yang berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda?
- Ceritakan satu pengalaman yang berkesan bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!
·      Beberapa siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
- Siswa kemudian secara berpasangan dapat saling menceritakan pengalaman masing-masing bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda.
·      Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargaidalam keragaman budaya, suku, dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia
·      Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang terdapat di buku secara mandiri.
·      Guru berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugasnya. Guru dapat mendampingi siswa yang mendapatkan kesulitan dalam menjawab pertanyaan.
·      Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya.
·      Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik
·      Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
·      Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:
- Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapatmenghasilkan bunyi?
·      Beberapa siswa diminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.
·      Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musiktersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dansebagainya.)
·      Siswa membaca teks tentang beragam alat musik tradisional yang ada di
buku, kemudian mengisi tabel yang tersedia.
·      Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakanbenda-benda yang dapat menghasilkanbunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
·      Setiap siswa diminta mengambil lima benda yang ada di kelas dansekitarnya. Ingatkan siswa untuk memilih benda-benda yang dapatmenghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda
·      Siswa diminta untuk membunyikan benda-benda tersebut dengan cara yang berbeda.
·      Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil eksplorasi.
·      Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan hasil eksplorasi
·      Guru memberikan penguatanSegala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar.Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya
bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara.Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumberbunyi.
Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi,bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa
·      Siswa dibagi dalam kelompok besar yang dapat terdiri dari 8-10 siswa.Siswa dapat menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat musik yang disukai.
·      Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.
·      Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara bergantian.
·      Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar
·      .Siswa menyimpulkan kegiatan belajar

 145 Menit

Penutup

·      Di akhir pembelajaran, guru bertanya kepada siswa dengan bertanya jawab
·      Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapatdalam buku siswa
·      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·      Melakukan penilaian hasil belajar
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)


15 menit


F.       Teknik Penilaian
1.      Sikap                  : Observasi
2.      Pengetahuan       : Tes
3.      Keterampilan      : Kinerja
G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.         Media                     :     Teman-teman di sekolah sebagai narasumber kegiatan wawancara.

Alat musik tradisional daerah masingmasing.

Beragam benda di kelas dan sekitarnya.
2.         Alat                        :    Infokus

3.         Sumber Belajar      :    Buku Tema 1 kelas IV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar